19 Oktober 2011

Cara yang baik memotret benda bergerak agar tidak kabur




Tips memakai kamera digital jenis poket. Pada dasarnya kamera digital terbaik berharga mahal tipe D-SLR atau Kamera saku yang murah pun bisa dipakai untuk menghasilkan foto yang bagus. Ini lima cara memotret dengan baik, khususnya memotret benda bergerak agar tidak kabur, goyang, atau blur.
Kelima tips memotret ini saya tulis berdasarkan praktik dan pengalaman pribadi selama menggeluti fotografi sejak tahun 1990 dengan kamera analog hingga kemudian saya memakai kamera digital SLR dan jenis poket.
1. Cara memotret dengan baik supaya foto tidak kabur: setting pada “S.”
Setelan pada “full-auto” adalah pilihan yang paling baik. Tetapi saya rekomendasikan, khususnya bila anda sering memotret di luar ruangan secara candid (foto-foto spontan), setel kamera pada “shutter speed priority” (biasanya ikon “S”) di atas 1/60, misalnya 1/250 atau 1/125. Kecepatan di atas standar (1/60) ini akan membantu “membekukan” objek foto, sehingga gambar yang kabur karena goyang (bergerak) bisa dihindari/dikurangi.
2. Cara memfoto yang baik apabila tangan gemetar.
Kalau tangan anda gemetar, atau untuk membantu menghindari foto yang blur, anda bisa menempelkan kedua siku tangan pada tubuh anda. Bisa juga dengan bersandar ke dinding.
3. Tips cara memotret benda bergerak: tahan napas saat menekan tombol.
Tips ini sering saya praktikkan pada tahun pertama belajar fotografi. Foto yang kabur atau blur bisa diakibatkan oleh objek yang bergerak, setelan kecepatan kamera terlalu lambat, atau tangan fotografer yang goyang saat memotret. Jika anda masih sering grogi saat menjepret kamera, maka sebaiknya tekanlah tombol pembuka-rana ketika anda baru saja menarik napas dan menahan napas beberapa detik.
4. Cara memotret dengan baik: hindari memakai lensa zoom atau tele.
Sebisa mungkin hindari memakai zoom. Setel lensa pada settingan standar atau paling lebar, misalnya 24mm, 28mm, atau 35mm — tergantung ukuran lensa pada kamera anda. Jika objek kurang dekat, sebaiknya andalah yang bergerak maju, dan jangan menarik zoom. Memakai lensa tele (atau yang di-zoom dekat) memiliki dua “dampak negatif”:
  • Gambar akan semakin “sensitif” (foto kabur atau goyang).
  • Cahaya yang masuk akan berkurang (karena bukaan diafragma akan mengecil).
5. Cara memfoto yang baik agar foto tidak goyang atau blur: pakai tripod atau taruh kamera di meja.
Tips lain cara memotret benda bergerak adalah dengan menggunakan tripod atau kaki-tiga. Untuk kamera digital jenis poket, anda tidak harus membeli tripod mahal berukuran besar, karena di toko tersedia tripod mini yang bisa dimasukkan ke dalam saku. Kalau tidak ada tripod, letakkan kamera digital anda di atas meja, kursi, atau permukaan yang rata, sehingga goncangan bisa dihindari. Dengan demikian hasil foto yang kabur pun bisa dikurangi. 

© Jarar Siahaan di Toba Samosir.

1 komentar: