4 Oktober 2011

Membangun Mental Yang Kuat Dalam Public Speaking



.   1    Rasa Takut
“Fearlessness in an assembly”
(Keberanian adalah sesuatu yang dibentuk dan dibangun)

Rasa takut ketika kita tampil di depan umum merupakan sesuatu yang lumrah atau wajar, memberikan presentasi dan berbicara di depan umum memang merupakan hal yang menakutkan bagi setiap orang.
Berdasarkan sebuah penelitian, mempresentasikan sesuatu atau berbicara di depan sustu kelompok orang, bagi beberapa orang menempati urutan pertama dalam daftar hal-hal yang  paling membuat meraka takut. Berbicara di depan umum terbukti lebih menakutkan daripada ketakutan akan kertinggian, ketakutan akan kematian. Jadi, sekarang kita seharusnya lebih rileks, karena ketakutan atau kecemasan untuk berbicara di depan umum ini memang hal yang wajar. Cobalah berdamai dengan rasa takut itu!!!
Jangan biarkan rasa takut itu menguasai diri Kita.!

2.     Jalani Saja
“What doesn’t kill you makes you stronger”
(Apa yang tidak mampu membunuh Anda, hanya akan membut Anda Kuat)

Karena ketakutan dan kecemasan ini umum dan kemungkinan besar pasti dialami setiap orang, jadi jalani dan lewati saja ketakutan dan kecemasan itu. Ingat, jika Anda benar-benar merasa ketakutan, cara yang baik untuk mengatasinya, adalah dengan melakunnya.
Seiring dengan berjalannya waktu dan jam terbang Anda, Anda akan belajar tentang bagaimana cara mengatasinya. Sadari dan katakana pada diri Anda sendiri, bahwa bagaimanapun, semuanya akan mereda dan Anda akan segera merasa baik-baik saja.

3.     Gejala Fisik memang biasa dialami
“A lot Of Big Actor, certainly have hopeless when on the stage”
(Banyak actor besar yang mengalami putus asa ketika di panggung)

Reaksi fisik umum yang biasanya dialami saat berbicara di depan umum diakibatkan dari terlepasnya hormone adrenalin dan cortisol dalam system tubuh kita. Sebenarnya, bahkan seorang pembicara yang berpengalaman pun akan merasakan jantung mereka berdebar dengan cepatnya saat akan tampil.
Jadi, reaksi penuh sensasi yang seperi ini jelas tidak hanya dialami oleh para pemula saja karena bahkan sejumlah actor dan entertainer besar pasti akan menderita keluhan fisik yang nyata setiap naik ke panggung.

4.     Kendorkan semua otot tubuh
”Move on your body, it was make you Oke”
“dengan melakukan gerakan-gerakan pada tubuh, bisa menurunkan rasa tegang pada tubuh saat prsentasi”

Salah satu sikap reflek yang terjadi saat kita merasa tegang, kita akan merasakan otot-otot pada tubuh kita mengencang itu tanpa kita sadari. Ketika menjelang tiba di podium atau di tempat mana Anda akan menyampaikan prensntasi, biasanya tanpa sadar otot tubuh, dari wajah hingga jari-jari kaki akan mengencang.
Di sini Anda akan terlihat berdiri tegak, dengan pose kaku dan tidak nyaman. Jika Anda menyadarinya, tips yang paling bagus, Anda harus berdiri dengan rileks lakukan gerakan-gerakan wajah Anda . Usaha ini  akan membuat Anda lebih rileks dan semua akan mengalir pula dengan lebih lancar dan presentasi Anda akan lebih terlihat santai.

5.     Cobalah untuk Rileks
“Since They Have Something that Good, The Other People Say Thanks To You”
(Selama mereka mendapatkan suatu hal yang bermanfaat, mereka akan berterimakasih pada Anda)

Morton C. Orman, seorang dokter dan pembicra terkenal berkata, “Bahkan jika Anda pingsan, lidah Anda kelu, atau Anda mendatakan suatu hal yang tolol selama Anda berbicara, mereka (Audiens Anda) tidak akan peduli!! “Selama mereka mendapatkan suatu hal yang bermanfaat, mereka akan berterimakasih pada Anda.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar